top of page

World Sight Day 2023 : Love Your Eyes at Work



Hari Penglihatan Sedunia, yang jatuh pada tanggal 12 Oktober 2023, adalah kesempatan sempurna untuk merenungkan betapa berharganya mata kita. Mata adalah jendela ke dunia, dan sangat penting untuk menjaga kesehatan mata kita, terutama di tempat kerja. Tema Hari Penglihatan Sedunia tahun ini adalah "Love Your Eyes at Work." Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa kita perlu merawat mata kita saat bekerja dan memberikan tips sederhana untuk menjaga kesehatan mata.


Mengapa Kesehatan Mata di Tempat Kerja Penting?


Sebagian besar dari kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di tempat kerja, terpapar berbagai faktor yang dapat memengaruhi kesehatan mata. Mata kita mungkin menjadi lelah, kering, atau terpengaruh oleh cahaya berlebihan dari komputer atau perangkat elektronik lainnya. Inilah sebabnya mengapa kita perlu memahami pentingnya merawat mata kita saat bekerja:

1. Penurunan Kinerja Mata

Ketika mata kita lelah, kita menjadi kurang produktif dan kualitas pekerjaan kita dapat menurun. Penglihatan yang buruk atau ketidaknyamanan mata dapat mengganggu pekerjaan sehari-hari.

2. Stres dan Ketegangan

Jika kita tidak merawat mata kita dengan baik, itu dapat menyebabkan stres mata dan ketegangan. Kondisi seperti ini dapat mempengaruhi kenyamanan kita saat bekerja dan berdampak pada kesejahteraan kita.

3. Masalah Kesehatan Mata Jangka Panjang

Terlalu banyak waktu di depan layar komputer atau ponsel dapat meningkatkan risiko masalah mata jangka panjang seperti sindrom mata kering, miopia, atau masalah retina. Merawat mata dengan baik sejak dini dapat membantu mencegah masalah ini.

Tips untuk Merawat Mata Anda di Tempat Kerja


Berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda merawat mata Anda di tempat kerja:

1. Istirahatkan Mata Anda

Lakukan istirahat mata setiap 20-30 menit saat bekerja di depan komputer. Ini dapat dilakukan dengan melihat ke jauh selama beberapa saat atau hanya menutup mata sejenak.

2. Periksa Pencahayaan

Pastikan ruangan kerja Anda memiliki pencahayaan yang cukup, tetapi tidak terlalu terang. Hindari pantulan cahaya langsung dari layar komputer di mata Anda.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan kaya antioksidan seperti wortel, bayam, dan ikan salmon dapat membantu memelihara kesehatan mata Anda.

4. Tetap Terhidrasi

Pastikan Anda minum cukup air sepanjang hari. Dehidrasi dapat menyebabkan mata kering, jadi pastikan Anda terhidrasi dengan baik.

5. Periksa Mata secara Berkala

Jangan lupakan pemeriksaan mata rutin dengan dokter mata minimal 1 tahun sekali meskipun tidak ada keluhan. Ini penting untuk mendeteksi masalah mata sejak dini.


Hari Penglihatan Sedunia adalah saat yang tepat untuk mengingat betapa berharganya mata kita dan mengambil langkah-langkah kecil untuk menjaga kesehatan mata saat bekerja. Dengan sedikit perhatian ekstra, kita dapat menjaga mata kita dalam kondisi terbaik dan memastikan bahwa kita dapat melihat dunia dengan jelas sepanjang waktu. Jadi, "Love Your Eyes at Work" dan jaga mata Anda dengan baik!


Ingatlah, mata adalah harta yang tak ternilai. Selamat Hari Penglihatan Sedunia 2023!



Sumber:

https://www.who.int/campaigns/world-sight-day/world-sight-day-2023

https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/computer-usage

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/eyestrain/symptoms-causes/syc-20372397

35 views0 comments

Comments


bottom of page