top of page

Komitmen Netra Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Mata Melalui Akreditasi

Updated: Dec 12, 2023

Pada tanggal 20 dan 21 November 2023, Klinik Utama Netra Spesialis Mata 2 menjalani proses akreditasi yang dilakukan oleh Komite Akreditasi Kesehatan Pratama (KAKP). Proses akreditasi ini menjadi langkah penting dalam memastikan bahwa klinik tersebut memenuhi standar mutu dan keamanan yang diperlukan dalam pelayanan kesehatan mata.


Proses Akreditasi Online pada 20 November 2023:

Pada tanggal 20 November, klinik menghadapi sesi akreditasi secara online dengan tim dari KAKP. Melalui platform virtual, para asesor melakukan penilaian terhadap berbagai aspek, termasuk manajemen klinik, kualifikasi staf, fasilitas dan peralatan medis, serta protokol keamanan pasien. Proses online ini memungkinkan para pemeriksa untuk memeriksa dokumen-dokumen penting, rekam medis, dan kebijakan klinik.


KAKP tidak hanya menilai kepatuhan terhadap regulasi dan standar, tetapi juga fokus pada aspek kepuasan pasien dan upaya klinik dalam meningkatkan kualitas layanan. Proses online ini memungkinkan tim akreditasi untuk berinteraksi dengan manajemen klinik, menggali lebih dalam informasi terkait operasional, dan memberikan rekomendasi perbaikan jika diperlukan.


Proses Akreditasi Offline pada 21 November 2023:

Pada hari berikutnya, proses akreditasi berlanjut secara offline dengan kunjungan langsung ke Klinik Utama Netra Spesialis Mata 2. Tim akreditasi KAKP melakukan peninjauan fisik terhadap fasilitas klinik, memastikan bahwa semua standar keamanan dan sanitasi terpenuhi. Selain itu, pemeriksaan langsung juga dilakukan terhadap peralatan medis dan infrastruktur klinik untuk memastikan ketersediaan dan kualitasnya.


Proses ini mencakup wawancara langsung dengan staf klinik, pemeriksaan kepatuhan terhadap protokol keamanan, serta peninjauan langsung terhadap penerapan standar prosedur operasional (SPO) klinik. Tim akreditasi bekerja sama dengan staf klinik untuk memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap tata kelola klinik dan meningkatkan efektivitas operasional.


Pentingnya Akreditasi:

Akreditasi memberikan kepastian bahwa Klinik Utama Netra Spesialis Mata 2 memenuhi standar tertinggi dalam memberikan pelayanan mata. Pasien dapat memiliki keyakinan bahwa klinik telah diperiksa secara menyeluruh dan mematuhi semua peraturan yang berlaku. Selain itu, proses akreditasi juga membuat klinik untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan memastikan kepuasan pasien.


Melalui kolaborasi antara KAKP dan Klinik Utama Netra Spesialis Mata 2, diharapkan bahwa pelayanan kesehatan mata yang diberikan oleh Klinik Utama Netra Spesialis Mata 2 akan terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat yang membutuhkan perawatan mata yang berkualitas.




6 views0 comments
bottom of page