top of page

Upaya Netra Dalam Meningkatkan Kapasitas Dokter Umum di FKTP Kota Bandung

Updated: Jun 20, 2023



Pada tanggal 9 Mei 2023, telah dilaksanakan Seminar Peningkatan Kapasitas Dokter Umum di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kota Bandung. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Nerta Klinik Spesialis Mata dengan Dinas Kesehatan Kota Bandung, dengan peserta yang diundang adalah dokter umum dari seluruh Puskesmas di Kota Bandung. Kegiatan tersebut diadakan di Fox Harris City Center Bandung dan berlangsung mulai pukul 11.30 hingga selesai.



Acara tersebut dibuka oleh sambutan dari dr. Intan Annisa Fatmawaty selaku Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Tidak Menular & Kesehatan Jiwa dan resmi dibuka oleh DR. dr. Sutarya Enus, Sp.M (K) M.Kes selaku kepala cabang Netra Klinik 2 Bandung. Dalam sambutannya, dr. Intan Annisa Fatmawaty menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama Kota Bandung. Sedangkan, DR. dr. Sutarya Enus, Sp.M (K) M.Kes berharap kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat yang besar bagi para dokter umum dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan maksimal kepada masyarakat khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan mata.


Dalam kegiatan seminar tersebut, selain para dokter umum, juga hadir beberapa dokter spesialis yang menjadi narasumber dalam presentasi materi-materi tersebut. Narasumber-narasumber tersebut memberikan informasi terkini mengenai berbagai penanganan medis terkini yang relevan dengan praktik dokter umum di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Para peserta seminar juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan para narasumber terkait hal-hal yang belum jelas atau ingin ditanyakan.



Materi yang disampaikan dalam seminar tersebut diantaranya adalah materi Katarak oleh dr. Bernard Famahela Rahmat Gea, Sp.M, materi Screening Diabetic Retinopathy oleh dr. Ohisa Harley Sp.M (K), serta materi mengenai Diabetes Melitus oleh dr. Maya Kusumawati, Sp.PD-KEMD FINASIM. Para peserta seminar sangat antusias dalam mengikuti materi-materi tersebut, mereka sangat tertarik dan fokus pada setiap presentasi yang disampaikan oleh para ahli di bidangnya.


Dengan dilaksanakannya kegiatan seminar ini, diharapkan para dokter umum di fasilitas kesehatan tingkat pertama dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat memperkuat jaringan antara para dokter umum dan spesialis medis di Kota Bandung.



Kegiatan seminar ini merupakan langkah positif dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama Kota Bandung. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan secara rutin untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi para dokter umum dan masyarakat.



14 views0 comments

Comments


bottom of page