top of page

Peningkatan Kompetensi Pelaksana Skrining Deteksi Dini Gangguan Indera Penglihatan


Pemaparan Materi oleh dr Novaqua SpM

Netra Klinik Spesialis Mata Tangerang baru saja menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Pengetahuan dalam Pelaksanaan Skrining Deteksi Dini Gangguan Indera Penglihatan bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan. Kegiatan ini menjadi bagian dari agenda rutin untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Kegiatan ini sangat penting, terutama dalam menghadapi masalah gangguan indera penglihatan, yang semakin meningkat di Kota Tangerang Selatan.


Pemaparan Materi oleh dr Novaqua SpM

Dalam kegiatan tersebut, Netra Klinik Spesialis Mata Tangerang menghadirkan dr. Novaqua Yandi, Sp.M sebagai pemateri dan memberikan tiga materi penting mengenai kelainan refraksi, katarak, dan retinopati diabetikum. Kelainan refraksi menjadi langkah awal dalam skrining penglihatan atau gangguan mata, dan dr. Novaqua Yandi, Sp.M menjelaskan cara penggunaan snellen chart untuk mengidentifikasi kelainan refraksi. Materi selanjutnya membahas penyakit katarak, yang merupakan salah satu penyebab utama kebutaan di Indonesia. dr. Novaqua Yandi, Sp.M menjelaskan bagaimana katarak dapat terjadi dan cara mendeteksi dini penyakit katarak di fasilitas kesehatan tingkat pertama.


Materi terakhir membahas retinopati diabetikum, yang dapat disebabkan oleh kadar gula yang tinggi dalam tubuh dan dapat memicu banyak komplikasi pada organ penglihatan. dr. Novaqua Yandi, Sp.M memberikan penjelasan lengkap mengenai retinopati diabetikum dan cara untuk mendeteksinya sejak dini. Kegiatan ini sangat berguna dalam meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama di Kota Tangerang Selatan.


Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama dapat meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya skrining deteksi dini gangguan indera penglihatan dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik untuk masyarakat. Kegiatan ini juga menjadi bukti nyata bahwa Netra Klinik Spesialis Mata berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat, terutama dalam hal skrining deteksi dini gangguan indera penglihatan.




21 views0 comments
bottom of page