top of page

Penyuluhan Penyakit Diabetes dan Retinopati Diabetik Prolanis Puskesmas Pondok Jagung, Tangsel

Updated: Jan 9, 2023


Pemaparan Materi oleh dr Hilda

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang timbul dari berbagai macam sebab. Pola hidup tidak sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi gula merupakan salah satu sebab yang dapat memicu timbulnya penyakit Diabetes.


Netra Klinik berkesempatan menjadi narasumber dalam program penanangan penyakit kronis (pronalis) yang bertempat di Puskesmas Pondok Jagung, Serpong Utara, Tangerang Selatan. Kegiatan ini diawali dengan pengecekan kadar gula darah dan senam pagi, dan kegiatan terakhir adalah penyuluhan kesehatan. Netra Klinik diwakili oleh dr. Hilda untuk melakukan penyuluhan mengenai Diabetik Retinopati.


Pemaparan Materi oleh dr Hilda

Dalam paparannya, dr. Hilda menjelaskan mengenai faktor-faktor Diabetes dan pengelolaan Diabetes. Faktor-faktor Diabetes antara lain melahirkan lebih bayi lebih dari 4kg, usia 40 tahun ke atas, keturunan, diet tidak sehat, kurang beraktivitas, kegemukan, dan dislipidemia. Pengelolaan Diabetes antara lain edukasi penyakit diabetes, perencanaan makanan, latihan jasmani, intervensi farmakologis, dan pemeriksaan gula darah secara rutin.


Hubungan antara Diabetes dan Retinopati Diabetik adalah, Diabetes merupakan induk dari segala penyakit. Khususnya pada organ penglihatan, mata. Dr. Hilda juga menjelaskan gejala Retinopati Diabetik , antara lain penglihatan menurun secara perlahan, tampak ada benda atau bercak hitam yang melayang-layang di lapangan pandang mata, dan pada kasus yang serius dapat mengakibatkan kebutaan. Apabila sudah terjadi gejala, disarankan untuk segera memeriksakan ke dokter spesialis mata terdekat.



5 views0 comments
bottom of page