top of page

Orientasi Penguatan Penaggulangan Gangguan Penglihatan bagi tenaga Kesehatan di UPTD Puskesmas


dr Ohisa Harley Sp.M(K), Bu Feby DinKes Kota Bandung dan 15 UPTD Puskesmas, UPTD Puskesmas Puter

Sejak dimulainya pandemi, terjadi peningkatan signifikan jumlah pasien yang mengalami gangguan penglihatan. Kondisi ini memunculkan kebutuhan mendesak untuk melakukan skrining gangguan penglihatan, guna membantu mendeteksi dan mengatasi masalah kesehatan mata masyarakat Kota Bandung.


Netra Klinik Spesialis Mata memahami urgensi ini dan memutuskan untuk bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bandung. Kolaborasi ini bertujuan untuk menyelenggarakan kegiatan yang dapat memberikan bantuan kepada tenaga kesehatan di 80 UPTD Puskesmas, memungkinkan mereka untuk melakukan skrining gangguan penglihatan dengan lebih efektif. Salah satu langkah yang diambil adalah memberikan pemahaman melalui pemaparan mengenai cara melakukan pemeriksaan mata dengan menggunakan alat yang biasa digunakan oleh tenaga kesehatan di UPTD Puskesmas.




Pemaparan materi oleh dr Sri Hardwiyani Sp.M di UPTD PUskesmas Margahayu Raya

Praktek penggunaan alat pemeriksaan mata (pinhole dan E-chart)

Para dokter spesialis mata dari Netra Klinik turut serta dalam kegiatan ini dengan memberikan pemaparan materi yang komprehensif. Mereka menjelaskan langkah-langkah yang perlu diambil untuk melakukan skrining gangguan penglihatan, serta memberikan informasi mengenai alat-alat yang digunakan dalam proses tersebut. Tujuannya tidak hanya terbatas pada mendeteksi gangguan penglihatan tetapi juga memberikan pengetahuan bagi tenaga kesehatan mengenai cara mengelola dan merawat kesehatan mata secara menyeluruh.


dr Keisha Devita Sp.M memberikan contoh pemeriksaan menggunakan flash handphone

Lebih dari sekadar pemaparan, kegiatan ini melibatkan peserta secara aktif. Para dokter spesialis mata tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga mengajak peserta untuk ikut mencoba dan mempraktekan penggunaan alat-alat tersebut. Hal ini memberikan pengalaman langsung bagi tenaga kesehatan, memungkinkan mereka untuk memahami dengan lebih baik langkah-langkah praktis dalam melakukan pemeriksaan mata.


Kolaborasi antara Netra Klinik dan Dinas Kesehatan Kota Bandung ini menjadi langkah konkrit dalam menghadapi tantangan kesehatan mata di tengah pandemi. Dengan meningkatnya pemahaman dan keterampilan tenaga kesehatan dalam melakukan skrining gangguan penglihatan, diharapkan dapat ditemukan solusi yang lebih cepat dan efektif untuk menangani gangguan penglihatan di kalangan masyarakat Kota Bandung. Keberlanjutan kegiatan semacam ini menjadi kunci untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan memiliki kualitas penglihatan yang optimal.

8 views0 comments

Comments


bottom of page