top of page

Omega 3, Zat gizi yang baik bagi kesehatan mata

Updated: Aug 31, 2022

Selama ini masyarakat hanya mengenal omega 3 sebagai suplemen yang baik bagi kesehatan dan perkembangan otak, namun tahukah anda manfaat omega 3 bagi kesehatan mata?


Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa asam lemak omega 3 ternyata dapat meningkatkan kesehatan mata. Selain berperan dalam perkembangan otak pada janin, asam lemak omega 3 yang dikonsumsi ibu selama hamil juga berperan dalam membantu perkembangan fungsi penglihatan pada janin. Suatu penelitian di Kanada yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menjelaskan bahwa bayi dengan ibu yang mengonsumsi suplemen omega 3 saat hamil ternyata memiliki perkembangan fungsi penglihatan lebih baik dibandingkan dengan bayi dengan ibu yang tidak mengonsumsi suplemen omega 3 saat hamil.


Bagi orang dewasa, asam lemak omega 3 dapat membantu melindungi mata dari berbagai penyakit seperti menurunnya fungsi otot mata dan sindrom mata kering. Penelitian yang dipublikasikan oleh National Eye Institute, Amerika pada tahun 2013 menunjukan partisipan yang mengonsumsi ikan tinggi omega 3 (seperti ikan salmon, ikan tuna dan ikan mackerel) setidaknya seminggu sekali mempunyai risiko 50% lebih rendah terjadinya pembentukan neovaskularisasi pada retina atau saraf mata, suatu keadaan dimana pembuluh darah baru tumbuh disekitar retina dimana hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan pada retina yang dapat menyebabkan kebutaan. Manfaat tersebut didapat dari fungsi omega 3 sebagai antioksidan yang berperan dalam membantu mengurangi kerusakan sel dan jaringan akibat radikal bebas.


Bahan makanan seperti ikan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun adalah jenis makanan yang kaya akan omega 3, selain itu ikan laut dalam seperti tuna dan salmon juga kaya akan kandungan omega 3. Jenis kacang yang paling banyak mengandung omega 3 adalah jenis kacang walnut. Minyak yang berasal dari tumbuhan juga mengandung banyak omega 3, seperti minyak zaitun yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

158 views0 comments

Comments


bottom of page