top of page

Computer vision syndrome, berbahayakah?

Updated: Aug 31, 2022

Di era digital, gadget bukanlah merupakan hal asing bagi seseorang. Gadget sudah menjadi alat yang tak lepas dari genggaman seluruh elemen masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa, bahkan mungkin sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. Masyarakat menghabiskan hampir lebih dari tujuh jam di depan komputer dan layar digital dalam sehari, baik saat jam kerja maupun setelah kembali ke rumah.


Namun, tahukah anda bahwa sering berhadapan dengan komputer, layar handphone dan tablet dapat berpengaruh pada kesehatan mata anda?


Computer Vision Syndrome (CVS) atau lebih luas lagi disebut sebagai Digital Eye Strain adalah gangguan pada mata yang disebabkan oleh penggunaan layar digital terlalu lama, hal ini terjadi karena otot mata bekerja lebih keras saat kita gunakan untuk membaca dengan layar digital dibandingkan dengan pada saat membaca di kertas biasa.


Keluhan ini dapat terjadi pada anak hingga dewasa yang sering menggunakan layar digital. Durasi dan waktu dalam penggunaan layar digital sangat berpengaruh dalam proses terjadinya gangguan ini, semakin lama anda berada didepan layar digital, semakin besar pula kemungkinan anda mengalami gangguan CVS. Selain itu faktor lain seperti tingkat pencahayaan layar dan ruangan serta posisi membaca di depan komputer juga sangat berpengaruh mencetuskan gangguan CVS.


Beberapa individu dengan masalah ini akan mengalami rasa tidak nyaman pada mata dan merasakan gangguan tajam penglihatan saat melihat layar digital dalam periode waktu tertentu. Keluhan-keluhan yang mungkin akan anda rasakan antara lain mata lelah, sakit kepala, penglihatan kabur, dan mata kering. Pada sebagian orang keluhan-keluhan tersebut hanya bersifat sementara dan akan menghilang saat anda berhenti menggunakan komputer atau layar digital. Namun pada beberapa individu keluhan tersebut dapat menetap, bahkan dapat menurunkan tajam penglihatan.


Bagi anda yang menghabiskan waktu dua jam atau lebih didepan komputer maupun di depan layar digital ada baiknya melakukan tips berikut ini untuk mencegah terjadinya CVS.

  • Gunakan kacamata/alat bantu penglihatan dengan ukuran yang sesuai

  • Menyesuaikan kontras dan pencahayaan layar digital

  • Pastikan pencahayaan ruangan cukup

  • Berikan tetes mata artificial tears

  • Lakukan prinsip pencegahan 20-20-20, yakni 20 detik istirahatkan mata setiap 20 menit dengan cara melihat sejauh 20 meter

Hal yang perlu anda lakukan, jika telah mengalami salah satu dari tanda dan gejala di atas adalah segera periksakan mata anda ke dokter spesialis mata.

9 views0 comments
bottom of page