top of page

Mata Anak dan Strabismus

Updated: Jul 29, 2022

Oftalmologi Pediatrik adalah salah satu cabang ilmu kesehatan mata yang mempelajari tentang perkembangan fungsi penglihatan dan kesehatan mata anak. Gangguan kesehatan mata pada anak dapat terjadi sejak lahir, masa bayi, usia pra sekolah dan usia sekolah.


Perkembangan penglihatan berlangsung sejak bayi sampai masa kanak-kanak. Gangguan penglihatan sebaiknya ditangani sedini mungkin agar perkembangan penglihatan dapat berlangsung secara optimal. Gangguan penglihatan dapat berdampak pada perkembangan psikomotor, kognitif, dan sosial emosional seorang anak. Ada beberapa gangguan pengelihatan pada anak, salah satunya mata juling atau stabismus.


Strabismus, atau mata juling adalah sebuah kondisi di mana mata tidak lurus sehingga tampak seperti memandang kedua arah yang berbeda. Terdapat beberapa jenis strabismus antara lain:

  1. esotropia, bila salah satu mata tampak memandang ke arah dalam.

  2. eksotropia, bila salah satu mata tampak memandang ke arah luar

  3. hipertropia, bila salah satu mata tampak memandang ke arah atas

  4. hipotropia, bila salah satu mata tampakmemandang ke arah bawah .

Strabismus disebabkan oleh gangguan pada otot-ototekstraokular yang mengendalikan gerakan mata. Ini dapat disebabkan oleh gangguan anatomi atau saraf, atau kelainan refraksi yang terlalu lama tidak ditangani. Anak-anak yang memiliki riwayat strabismus dalam keluarganya memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami kondisi ini.

90 views0 comments
bottom of page