top of page

Glaukoma

Updated: Jul 14, 2022

Glaukoma adalah kerusakan pada saraf mata akibat tingginya tekanan di dalam bola mata. Kondisi ini ditandai dengan nyeri di mata, mata merah, penglihatan kabur, serta mual dan muntah.


Macam-macam GLAUCOMA


Secara garis besar Glaukoma dikelompokkan menjadi 3 tipe :

  1. Glaukoma sudut terbuka (Open-angle glaucoma) Glaukoma sudut terbuka (Open-angle glaucoma) adalah glaukoma dimana hambatan aliran humor aqueous terjadi karena adanya sumbatan atau kerusakan pada anyaman trabekular, sehingga menyebabkan terjadinya kenaikan tekanan intraokular. Kerusakan ini dapat terjadi secara primer maupun sekunder.

  2. Glaukoma sudut tertutup (Angle-closure glaucoma) Glaukoma sudut tertutup (Angle-closure glaucoma) adalah glaukoma yang terjadi karena adanya sudut bilik mata depan yang sempit hingga tertutup, sehingga akan menghambat aliran humor aqueous.

  3. Glaukoma pada anak-anak Glaukoma pada anak-anak adalah glaukoma yang terjadi pada anak atau dapat juga terjadi secara kongenital sejak lahir.

Ketiga tipe glaukoma diatas dapat terjadi secara primer tanpa berhubungan dengan adanya kelainan pada mata atau kelainan sistemik, dan dapat juga terjadi secara sekunder sebagai akibat adanya penyakit atau kelainan lain pada mata atau secara sistemik.


Bagaimana penglihatan GLAUKOMA?






65 views0 comments
bottom of page