top of page

Bandung Medical Fair : Kerja sama UPTD Cibaduyut Wetan dan Netra Klinik Spesialis Mata


dr Intan Kepala Bidang PTM DinKes Kota Bandung, dr Keishat Netra Klinik Spesialis Mata dan dr Irfan UPTD Cibaduyut Wetan

Pada Jumat, 13 Oktober 2023, Netra Klinik Spesialis Mata bersinergi dengan UPTD Puskesmas Cibaduyut Wetan dan Institut Kesehatan Immanuel meramaikan Bandung Medical Fair yang berlangsung selama tiga hari, mulai 13 hingga 15 Oktober 2023. Keterlibatan aktif ini sejalan dengan peringatan World Sight Day, menjadikan kegiatan ini sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mata.


Booth yang dibuka oleh Netra Klinik, UPTD Cibaduyut Wetan, dan Institut Kesehatan Immanuel tidak hanya menyediakan pemeriksaan mata, melainkan juga menawarkan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Peserta dapat mengikuti serangkaian pemeriksaan, termasuk Glukosa Darah Sewaktu (GDS), pengukuran tensi, pengukuran lingkar perut, tinggi badan, dan berat badan. Kemudian, pemeriksaan mata dilakukan menggunakan alat funduscopy, alat yang membantu melihat ke dalam bola mata untuk mendeteksi potensi kelainan pada saraf bola mata.


Pemeriksaan dnegan alat funduscopy

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi konsultasi dan pemeriksaan mata gratis yang dilakukan oleh dokter spesialis mata dari Netra Klinik. Hal ini memungkinkan peserta untuk mendapatkan pemahaman lebih lanjut tentang kondisi kesehatan mata mereka dan mendapatkan saran langsung dari para profesional kesehatan mata.


Konsultasi dengan Dokter Spesialis Mata

Partisipasi Netra Klinik dalam kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada peserta, tetapi juga menciptakan jaringan kolaboratif dengan berbagai institusi kesehatan di Kota Bandung. Dalam suasana Bandung Medical Fair yang penuh dengan beragam fokus kesehatan, termasuk kesehatan jantung, kesehatan kandungan, dan konsultasi gizi, Netra Klinik berhasil menarik perhatian sekitar 80 peserta untuk menjalani pemeriksaan mata.


Hasil pemeriksaan mata dikirimkan melalui layanan pesan instan WhatsApp oleh pihak Netra Klinik. Ini bertujuan agar peserta dapat dengan cepat mengetahui hasil pemeriksaan mereka dan, jika diperlukan, melakukan konsultasi lebih lanjut di Netra Klinik.


Kegiatan ini bukan hanya sekadar acara pemeriksaan kesehatan, tetapi juga menjadi platform edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan mata. Dengan terus menggelar kegiatan semacam ini, diharapkan akan tercipta masyarakat yang lebih sadar akan kesehatan mata dan menjadikan langkah preventif sebagai bagian integral dari gaya hidup sehari-hari. Netra Klinik dan kemitraannya turut berperan aktif dalam mewujudkan visi ini, menjadikan setiap orang berhak menikmati kehidupan dengan penglihatan yang sehat dan jelas.

18 views0 comments

Comments


bottom of page